HTML5 Powered with CSS3 / Styling, and SemanticsLevel Double-A conformance, 
          W3C WAI Web Content Accessibility Guidelines 2.0   

Selamat Datang di Pengadilan Negeri Mandailing Natal Kelas II # Mewujudkan Pengadilan Negeri Mandailing Natal yang Agung # Mandiri Akuntabel Dinamis Asri Nyaman Integritas # Kartika Cakra Candra Sari Tirta #
18-10-2018 # Penanganan Perkara: 85,96% # Versi SIPP 3.2.0-5 # Evaluasi SIPP: 865,83poin # Versi MIS 1.1 # IKPA - OMSPAN DIPA 01: 98,41; DIPA 03: 87,28. # Realisasi (OMSPAN) Belanja 01: 86,61%; Belanja 03: 63,09% # TuaKaBin: Koordinasi adalah Jantungnya Organisasi.

"Pola pembinaan Narapidana di Lapas sangat menentukan.."

on Jumat, 04 Mei 2018. Posted in Berita Terkini

Pengawasan dan Pengamatan 04 Mei 2018



 

Panyabungan - Pengadilan Negeri Mandailing Natal Kelas II (PN Madina) melakukan kunjungan pengawasan dan pengamatan (Wasmat) oleh hakim, panitera dan staf ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Panyabungan, Jumat (4/5/2018).

"Kunjungan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) ini untuk mengendalikan pelaksanaan putusan Pengadilan yang dalam pelaksanaannya di Lapas dapat terjadi tertindasnya hak-hak terpidana atau narapidana, bisa dari tindakan petugas maupun hal-hal lain yang bersifat menderitakan dan merendahkan martabat manusia," tutur Rahmat Sahala Pakpahan selaku Hakim Wasmat PN Madina Kelas II.

Pelaksanaan Wasmat ini dilakukan sebagai salah satu pembinaan narapidana sebagaimana diamanatkan dalam pasal 277 ayat (1) dan (2) KUHAP dan Surat Edaran MA (SEMA) No. 7 tahun 1985. Dimana di dalamnya diatur tentang tugas Hakim Wasmat yang ditunjuk Ketua Pengadilan dan diberi tugas khusus untuk membantu dalam melakukan pengawasan dan pengamatan terhadap putusan pengadilan yang menjatuhkan pidana perampasan kemerdekaan.

"Pola pembinaan narapidana di Lapas sangat menentukan apakah seorang narapidana setelah menjalani pidana bisa kembali ke masyarakat dengan baik atau tidak," tandas Rahmat.

Kedatangan Hakim Wasmat ke rumah warga binaan itu disambut baik oleh Kepala Lapas Kelas II B Panyabungan, Indra Kesuma. Didampingi jajarannya, Kepala Lapas menyampaikan bahwa saat ini Lapas Kelas II B Panyabungan memiliki warga binaan mencapai 529 orang. "Kapasitas seharusnya 292 orang, kita sama-sama tau seluruh lapas di Indonesia over kapasitas. Tapi disini seluruh warga binaan dibina dengan baik," ujar Indra Kesuma.

Usai berbincang dengan Kepala Lapas, rombongan Hakim Wasmat mengelilingi lapas untuk melihat aktifitas para warga binaan dan menampung aspirasi dari penghuninya. 

Pengawasan dan pengamatan ini dilakukan rutin setiap enam bulan sekali oleh Pengadilan ke Lapas yang ada di bawah wilayah hukum PN Mandailing Natal Kelas II. Adapun hasil berupa temuan dan rekomendasi dari wasmat ini nantinya tidak hanya disampaikan ke Pengadilan Tinggi Medan, tetapi juga ke Mahkamah Agung dan Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Rekomendasi dari wasmat ini nantinya akan ditindaklanjuti oleh Kemenkumham selaku instansi yang bewenang terhadap Unit Pelaksana Teknis di bawahnya.(QW)


 

Upload Putusan

Pengumpan tidak ditetapkan
Asesmen Surveilan Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) Mei 2018 telah dilaksanakan. Rencana Asesmen Surveilan Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) selanjutnya November 2018.

Menu Pintas